Powered By Blogger

Friday, April 22, 2011

Apakah Saya Berevolusi?

Kalau menurut wikipedia, evolusi itu berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Berdasarkan pengertian tersebut dan sumber yang saya baca, dapat saya simpulkan bahwa saya adalah bagian dari sebuah evolusi.

Bagaimana saya dapat mengatakan bahwa saya adalah bagian dari evolusi? Manusia. Menurut Darwin sebelum menjadi manusia sempurna dan utuh seperti sekarang ini dahulu manusia adalah seekor kera yang lama kelamaan mengalami evolusi menjadi manusia.

Kalau mengikuti dunia sains, saya pasti akan percaya bahwa dahulu saya sebagai manusia adalah seekor kera seperti yang dikatakan darwin. Tetapi daripada saya sebagai manusia dibingungkan dengan asal muasal saya, jelas yang saya tahu adalah ayah ibu kakek nenek saya sejauh ini adalah seorang manusia. Tidak tahu, mungkin manusia jaman dahulu kala  (zaman batu) benar adanya seperti yang dikatakan darwin.

Dalam kehidupan yang saya jalani ini saya mengalami evolusi. Mulai dari dalam kandungan ibu saya selama 9 bulan. Sejak lahir saya selalu diberi stimulus yang baik dari orang tua agar dapat menunjang proses evolusi menjadi baik. Karena evolusi pun turut dipengaruhi oleh lingkungan. Hingga saya menjai mahasiswi sekarang ini sudah banyak perubahan yang saya alami.

Kiri usia 2thn - Kanan usia 19thn


Cukup terlihat perbedaan pada diri saya? Dahulu saya adalah seorang gadis kecil, bertubuh mungil dan belum mengalami perubahan tubuh yang signifikan. Selama 19 tahun hidup, saya mengalami evolusi yang demikian banyak. Bentuk tubuh, panjang rambut dan beberapa hal lainnya. Sekarang cukup terlihat bahwa evolusi itu memang ada dan terjadi dalam kehidupan saya.

No comments:

Post a Comment