Powered By Blogger

Saturday, October 1, 2011

US NAVY WARSHIP TOUR

30 Mei 2011 yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi kapal perang induk milik Amerika Serikat yang sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Kesempatan langka ini saya dapatkan dari memenangkan lomba yang diadakan oleh Pusat Budaya milik Amerika yang bernama @america beserta US Embassy untuk Indonesia di Jakarta.

Saya beserta rombongan yang berjumlah kurang lebih 20 orang, berkumpul di mall Pasific Place dan baru bersama-sama menggunakan bus yang telah disediakan oleh pihak @america menuju ke priok. Setibanya di priok, kami terkagum-kagum melihat betapa keren nya 3 buah kapal yang sedang berlabuh di pinggir pelabuhan priok.
Ada 2 kapal perang induk Amerika yang berlabuh di Priok, yaitu USS HOWARD (DDG 83) - USS REUBEN JAMES (FFG 57).
USS HOWARD (DDG 83)
USS REUBEN JAMES (FFG 57)
Untuk memasuki daerah tempat kapal induk berlabuh, kita harus melewati serangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak US NAVY WARSHIP yang berlangsung sekita 15 menit. Seperti melewati alat metal detector, dan juga dilarang membawa barang bawaan bahkan tas kecil pun tidak boleh dibawa.

Tour kami pun dimulai, 25 orang dibagi dalam 2 kelompok agar memungkinkan pihak US NAVY dalam memberikan penjelasan. Kelompok saya dibantu oleh seorang US NAVY Crew pada gambar disamping ini dalam berkeliling bagian dalam dan luar kapal.
Berbagai macam hal yang bersangkutan dengan kapal induk pun dijelaskan oleh crew kapal dengan sangat baik dan dalam bahasa inggris. Dan apabila ada hal yang ingin ditanyakan, mereka dengan sangat terbuka mempersilahkan kami untuk bertanya.
Tidak hanya diberikan penjelasan, kami juga diberikan simulasi dari tim penyelamat kapal apabila ada serangan. Seperti cara melindungi diri apabila ada serangan dan cara menyelamatkan rekan apabila terjadi kebakaran.


Setelah beberapa simulasi ditunjukan, akhirnya kami diajak oleh crew kapal untuk masuk kedalam badan kapal. Mungkin dari luar terlihat kapal induk hanya memiliki 1 lantai, tetapi ketika memasuki badan kapal orang tidak akan menyangka bahwa didalamnya terdapat 5 lantai belum termasuk basement. Kami diajak melihat dan memasuki setiap ruangan yang ada, tetapi ada beberapa ruangan yang tidak boleh dimasuki karena kepentingan keamanan. Mulai dari ruang navigator, sayap kiri dan kanan kapal, dapur, ruang makan, kamar tidur, ruang medali dan penghargaan, kamar mandi. Tetapi tidak semua ruangan kami diperbolehkan mengambil gambar dengan alasan yang sama yaitu keamanan kapal.
Crew yang sedang berada di ruang makan
Ruang makan
Logistik di ruang makan
Bersama crew di ruang navigator
Ruang medali
Ruang penghargaan
Parkiran helikopter di basement
Akhirnya setelah sekitar 2 jam berkeliling kapal dan berkesempatan melihat setiap sudutnya tour ini pun selesai. Menyenangkan dan menjadi hal yang luar biasa untuk saya bisa mengambil bagian dalam tour ini. Begitu banyak informasi dan cerita yang menjadi pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran baru buat saya.
Bersama para pemenang lomba tour

Bersama us embassy crew
Big thanks to @america, US Embassy, dan semua Crew US NAVY WARSHIP atas kesempatan yang begitu luar biasa ini.
Untuk foto-foto lainnya, kalian bisa buka facebook saya atau klik DISINI


See you!

No comments:

Post a Comment