Powered By Blogger

Thursday, February 10, 2011

BLOG DAN SOCIAL NETWORKS

Hey guys! beberapa hari lalu gue ikut workshop mengenai blog dan social networks yang diadakan oleh high technology cultural centre milik amerika yang ada di Jakarta. Acara ini berlangsung sekitar 3 jam, dan melibatkan 2 blogger muda indonesia yang sukses dengan blog mereka sebagai pembicaranya, yaitu


 

dan


Disini gue akan share ke kalian semua, apa yang gue dapatkan selama workshop kemarin dari apa yang bang dika dan tifanny jelaskan.


BLOG
Pada dasarnya blog itu ada bermacam-macam misalnya blog untuk keperluan ngerjain tugas kampus, blogn dosen yang ngasih materi kuliah ke mahasiswanya, blog pribadi, blog hobi, dan blog profesional. 

Blog bagi kehidupan kita juga bermanfaat, bisa jadi tempat curhat, tempat menambah relasi atau networking, dan juga bisa jadi sarana jual beli atau bisnis. Tapi untuk membuat blog yang bagus diperlukan juga isi tulisan yang bagus pula dalam blog kita. Tulis apa yang mau kamu tulis di blog, berhati-hati juga dalam menulis karena kadang apa yang kamu tulis itu menunjukan dirimu sendiri, jadi tunjukanlah identitas dirimu sendiri dan jangan plagiat! Gunakan juga kata-kata yang menarik pembaca untuk lebih mendalami tulisan-tulisan kamu dan nantinya mau baca lagi tulisan kamu yang lain. Bikin juga ide-ide baru dalam penulisan blog kamu, jadi blog kita bisa berbeda dari yang lain dan juga gak mengikuti blog-blog yang sudah ada sebelumnya. Dan juga jangan pernah membahas SARA.

Nah kalau untuk design blog, kita bisa memilih themes yang sesuai dengan yang kita mau yang unik dan menarik. Kalau kata bang dika "KISS" (keep it simplem stupid). Kalau blog sudah jadi tinggal kita promosikan ke teman-teman dekat atau bahkan orang yang gak kita kenal. Bisa dengan cara kita visit ke blog orang, isi komen atau chatbox dan minta di visit balik. Cara kedua bisa kita promosikan di facebook atau twitter atau social media network lainnya yang kita miliki.


SOCIAL NETWORKS
Sekarang ini kita banyak menggunakan social networks. Sebenarnya apasih tujuan orang menggunakan social networks. Kalau menurut tifanny alasan orang menggunakan social networks adalah, agar orang lain bisa mengenal kita, kita bisa tetap update berita-berita terkini, mencoba hal-hal baru, untuk mendapatkan teman di dunia maya dan untuk mengekspresikan kesukaan kita.

Social networks yang sekarang banyak digunakan itu seperti twitter, blogger, tumblr, devianart, youtube, dan facebook.

Dalam mempromosikan diri kita atau dalam social networks usahakan agar apa yang kita tulis itu berisi hal-hal yang positif seperti berisi hal-hal edukasi, kretifitas agar orang yang membacanya juga mendapatkan energi positif dari tulisan kita. Menurut tifanny ada beberapa rules dalam social networks yang sebaiknya kita taati. Jangan pernah menyakiti perasaan orang lain, jangan plagiat, menulis hal-hal jelek atau hal ejekan, dan jangan membuat orang agar selalu setuju dengan tulisan kita itu, dan ingatlah bahwa social networks itu bukan tempat curhat seperti buku harianmu.




Ok guys. Sekian share dari gue mengenai isi workshop yang bang dika dan tifanny bawakan mengenai blog dan social networks, mungkin gak semuanya dapat gue jelasin, tapi secara garis besarnya udah gue coba tulis :D semoga bermanfaat buat kalian yang kemarin gak dateng workshopnya, yang mau tahu, dan yang membacanya :)




-Thank you bang dika and tifanny! See you next time! Keep creative!-

1 comment:

  1. https://akhwal.blogspot.com/2009/10/kata-baku-vs-tak-baku.html?showComment=1577349766613#c4100949446191350032

    ReplyDelete