Powered By Blogger

Wednesday, March 9, 2011

MATAHARI

Seperti halnya bintang lain yang terlihat dimalam hari, demikian pula matahari merupakan bintang yang biasa juga. Tapi bagi kita makhluk hidup yang tinggal di bumi, matahari sangat istimewa karena tanpa panas dan energi yang diberikannya maka tidak akan ada kehidupan. Bahkan benda yang kita peroleh dari tanah lalu kita bakar untuk memperoleh energi, misalnya batu  bara, gas dan minyak merupakan sisa-sisa tanaman dan hewan yang tumbuh dibawah sinar matahari berjuta-juta tahun yang lalu. Oleh karena itu manusia selalu mengetahui seberapa pentingnya matahari untuk kehidupan sehari-hari.



(Gambar matahari ini diambil tahun 1973 dari skylab, stasiun luar angkasa yang sedang mengorbit mengelilingi bumi. Gambar tersebut menunjukkan permukaan matahari yang berbintik-bintik dan bulu gas raksasa yang meluap dari nyala matahari)


Kebayang gak matahari dengan jarak yang amat jauh bisa bersinar terang sampai ke seluruh muka bumi yang luasnya sangat besar ini? 
Karena pada pada lapisan luar dan inti matahari mempunyai suhu berjuta-juta celcius maka menghasilkan energi yang jumlahnya sangat banyak dalam bentuk panas dan cahaya. Energi inilah yang membuat matahari bersinar dan sinarnya mampu menembus jarak yang amat jauh sampai ke bumi.

Selain panas dan cahaya matahari yang memberikan keuntungan dalam kehidupan manusia, ada pula bahaya dari matahari seperti: matahari memberikan kita sinar-X dan ultraviolet yang berbahaya bagi kehidupan. Sinar matahari sangat kuat dan sebaiknya jangan coba-coba memandang matahari atau melihatnya dengan menggunakan kaca pembesar, teropong atau teleskop karena dapat menyebabkan pandangan mata berpengaruh bahkan sampai menjadi buta.


Pernahkan kalian dengar tentang Matahari Tengah Malam?
Pada musim panas matahari naik lebih tinggi di langit dan tetap bersinar lebih lama dibandingkan di musim dingin. Dekat kutub utara dan selatan, ada wilayah di mana matahari tidak pernah tenggelam selama berhari-hari atau berminggu-minggu di pertengahan musim panas. Pada pertengahan musim dingin, wilayah ini mendaptakn efek sebaliknya dan matahari tidak pernah muncul. Hal ini terjadi karena poros bumi miring. Selama setengah tahun kutub utara menunjuk ke arah matahari dan setengah tahun berikutnya kutub selatan yang menghadap matahari.
Wilayah yang memperoleh matahari tengah malam terletak dalam lingkaran arktik dan antartika. Di antartika tidak ada penduduk permanen, tetapi di utara, penduduk Amerika Utara, Skandinavia dan USSR yang hidup di dekat dan di dalam lingkaran arktik telah belajar menyesuaikan diri terhadap gelapnya musim dingin dan panjangnya matahari musim panas berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu pada satu waktu.

(Sumber inspirasi: OXFORD Ensiklopedia Pelajar Jilid 5)

No comments:

Post a Comment